DLHK Diminta Perbaiki Tata Kelola Sampah

DLHK Diminta Perbaiki Tata Kelola Sampah

PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, diminta untuk memperbaiki tata kelola sampah. Pasalnya saat ini pengelolaan sampah yang telah dilakukan dinilai belum maksimal. 

Apalagi masih banyak didapati tumpukan sampah yang berada di tempat penampungan sementara (TPS) resmi maupun liar. Operator angkutan tidak mengangkut sepenuhnya sampah ke TPA. 

"Penekanan dari Pak Pj Wako kepada tata kelola sampah, sistemnya kita perbaiki," kata Plt Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (26/12). 

Ia menuturkan, pihaknya secara bertahap sistem pengelolaan sampah Kota Pekanbaru bakal diperbaiki. Salah satunya memperbaiki sistem pengangkutan sampah dengan pihak ketiga. 

"Untuk sistem dalam juga kita segarkan, eksternal juga dengan pihak ketiga yang mengangkut sampah," ulasnya. 

Ingot menyebut, bahwa jajaran ASN dan THL di lingkungan DLHK Kota Pekanbaru harus satu gerakan. Ia pun berencana melakukan penyegaran terhadap sistem internal yang ada. 

"Seluruh jajaran DLHK ini harus satu gerakan, memiliki harmonisasi bergerak memberikan layanan persampahan," terangnya. 

Ia menilai bahwa DLHK tidak cuma menangani permasalahan sampah saja. Namun juga menangani permasalahan lingkungan hidup masyarakat.

"Sampah memang ada bidang kerjanya, tapi permasalahan limbah juga tetap jadi perhatian, intinya persoalan lingkungan jadi permasalahan penting juga," jelas Ingot. 

Ingot menyampaikan bahwa arahan dari Pj Walikota Pekanbaru tidak hanya membenahi tata kelola sampah. Pihaknya bakal menyempurnakan kontrak kerjasama dengan pihak ketiga. Saat ini juga sedang berlangsung lelang pengangkutan sampah tahun 2024.

Pihaknya mencari pihak ketiga untuk melakukan pengangkutan sampah pada dua zona untuk tahun depan. Proses lelang ditargetkan rampung pada akhir bulan ini. 

Diketahui sebelumnya Hendra Afriadi dicopot dari jabatannya sebagai Kepala DLHK Kota Pekanbaru. Dia dicopot usai menjalani evaluasi kinerja dan sidang etik. Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun menunjuk Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut sebagai Plt Kepala DLHK Kota Pekanbaru.***

Berita Lainnya

Index