Puluhan Ribu Warga Pekanbaru Belum Terdaftar Jaminan Kesehatan

Puluhan Ribu Warga Pekanbaru Belum Terdaftar Jaminan Kesehatan
Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih

PEKANBARU - Puluhan ribu warga Kota Pekanbaru ternyata belum memiliki jaminan kesehatan. Mereka belum terdaftar pada BPJS maupun asuransi kesehatan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih tidak menampik kondisi itu. Ia menyadari masih ada masyarakat yang belum mendapat jaminan kesehatan.

Mereka yang belum memiliki jaminan kesehatan sebanyak 25.869 jiwa. Jumlah ini sekitar 2,34 persen dari jumlah penduduk di Kota Pekanbaru. Sementara total warga di Kota Pekanbaru mencapai 1.107.327 jiwa.

Sedangkan warga yang sudah memiliki jaminan kesehatan 1.081.458 jiwa. Jumlah ini memperlihatkan mayoritas warga sudah memiliki jaminan kesehatan.

Hal tersebut menjadi evaluasi bagi pemerintah kota dalam penerapan Universal Health Coverage (UHC) di Kota Pekanbaru. Apalagi capaian UHC sudah hampir 98 persen.

"Untuk saat ini capaian UHC kita sudah 97,66 persen dari total warga kota," terang Zaini Rizaldy Saragih, Senin (4/12). 

Ia menuturkan, bahwa mayoritas warga Kota Pekanbaru merupakan penerima jaminan kesehatan dari Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU). Jumlah warga penerima jaminan kesehatan dari PPU BU sebanyak 282.761 jiwa.

Sementara itu, penerima jaminan kesehatan terbanyak kedua dari Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Mereka merupakan warga yang berasal dari pekerja informal sebanyak 274.243 jiwa.

Zaini menyebut, bahwa masih ada kepesertaan masyarakat yang tidak aktif. Mereka yang tidak aktif kepesertaan dari total jumlah peserta yang terdaftar mencapai 233.936 peserta.

"Kami mengajak masyarakat yang kepesertaan tidak aktif bisa mengaktifkan kembali, agar bisa kembali mengakses layanan dengan jaminan kesehatan," pungkasnya.***

Berita Lainnya

Index