Gedung Eks MPP Rata, Pembangunan Tunggu Bankeu

Gedung Eks MPP Rata, Pembangunan Tunggu Bankeu
Lahan eks gedung MPP rata dengan tanah pasca dibongkar

PEKANBARU - Proses pembongkaran eks gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru telah rampung pasca terbakar. Bekas lokasi gedung sudah terlihat rata dengan tanah. Lokasi tersebut telah jadi lahan kosong yang nantinya akan dimanfaatkan untuk parkir kendaraan. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, pembangunan gedung baru MPP belum bisa terlaksana lantaran kondisi keuangan daerah belum memungkinkan.

"Untuk penghapusan aset sudah terlaksana dan November ini sudah selesai. Namun untuk pelaksanaan gedung MPP di 2024 mungkin belum karena keterbatasan keuangan yang kita punya," kata Edu, sapaan akrabnya, Rabu (8/11). 

Ia menuturkan, terkait rencana pembangunan kembali gedung utama MPP Pekanbaru, pemerintah kota berharap nantinya ada kucuran anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau.

Pemerintah kota juga berharap ada kucuran anggaran dari APBN. Ia mengaku bakal mematangkan perencanaan pembangunan gedung baru di Komplek MPP Pekanbaru yang sedang berjalan.

"Kita berharap nanti dengan bankeu APBN bisa dilaksanakan, tapi yang jelas kita mematangkan terhadap perencanaan yang sedang berjalan. Karena uangnya lumayan juga, jadi kita belum tahu kebutuhan keuangan berapa, untuk sementara dibersihkan dan dikosongkan," terang Edu. 

Dirinya menambahkan bahwa perencanaan awal nantinya gedung baru MPP bakal terintegrasi dengan ruang publik atau ruang terbuka hijau. Rencana ini yang bakal dibahas dalam forum diskusi publik nanti.

"Nanti akan ada FGD terkait perencanaan. Mungkin akan menjadi bangunan terpadu, gedung MPP dengan gedung layanan publik, apakah dengan RTH, masih pra perencanaan, akan tetap gedung MPP yang dikombain dengan RTH atau alun alun, ini sambil berjalan," pungkasnya.***

Berita Lainnya

Index