Blanko e-KTP Cukup Hingga Akhir Tahun

Blanko e-KTP Cukup Hingga Akhir Tahun
Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Irma Novrita

PEKANBARU - Stok blanko e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, diperkirakan mencukupi hingga akhir tahun 2023. Jumlah blanko e-KTP yang tersedia saat ini mencapai belasan ribu keping. 

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita mengatakan, bahwa hingga saat ini stok blangko di Kota Pekanbaru masih tersedia cukup banyak. Ketersediaan blangko e-KTP tersebut cukup untuk satu bulan ke depan dan bahkan mungkin hingga akhir tahun ini.

"Saat ini stok blangko e-KTP kita ada tersedia sekitar 16 ribu keping lebih," kata Irma Novrita, Ahad (15/10). 

Menurutnya, belasan ribu blangko e-KTP itu akan mencukupi kebutuhan blangko di Kota Pekanbaru hingga akhir tahun ini. Bahkan, jika kurang pihaknya tinggal meminta blangko ke Pemerintah Pusat di Jakarta.

"Insya Allah cukup, kita kan minta terus ke Jakarta," terang Irma. 

Sebelumnya, Disdukcapil Kota Pekanbaru sempat kehabisan stok blangko e-KTP. Permintaan e-KTP di Disdukcapil pun menumpuk. Meski begitu, pelayanan e-KTP kembali normal dengan datangnya tambahan blangko e-KTP dari pusat.

Bahkan, saat ini layanan e-KTP di Disdukcapil bisa selesai dalam satu hari tanpa menunggu lama. Ia menambahkan, untuk cetak e-KTP saat ini bisa mencapai 600 hingga 700 keping dalam satu hari. 

Apalagi saat ini sudah ada layanan Bus Adminduk Keliling. Masyarakat yang mengakses layanan cetak KTP semakin bertambah. 

"Saat ini ada tiga layanan yang tersedia pada Bus Adminduk Keliling tersebut. Layanan yang tersedia itu adalah layanan perekaman e-KTP, cetak e-KTP pemula maupun yang hilang dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)," jelasnya. 

Untuk perekaman kata Irma, cukup dengan membawa Kartu Keluarga (KK). Kemudian untuk cetak e-KTP, cukup dengan membawa KK dan surat keterangan hilang bagi yang hilang.

Sementara untuk aktivasi IKD, cukup dengan membawa android dengan minimal versi 7 dan IOS minimal versi 11.

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau agar masyarakat yang belum cetak e-KTP, atau pemula yang belum memiliki KTP bisa melakukan perekaman dan cetak KTP lewat Bus Adminduk Keliling Kota Pekanbaru.***

Berita Lainnya

Index