Kasus Kembali Meningkat, Walikota Minta Diskes Optimalkan Tracing

Kasus Kembali Meningkat, Walikota Minta Diskes Optimalkan Tracing
Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT

PEKANBARU - Kasus covid-19 di Kota Pekanbaru alami kenaikan pada akhir pekan kemarin. Terjadi kenaikan 31 kasus dalam sehari. Kasus aktif covid-19 pun tercatat sebanyak 69 kasus saat ini.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, akan mengambil langkah cepat guna antisipasi lonjakan kasus. Ia meminta Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru segera mengambil tindakan agar penyebaran virus tidak semakin meluas. 

"Hari ini kita mulai tracing, saya perintahkan dinkes untuk lakukan penelusuran kontak erat. Kasus kemarin kan 31 kasus (baru)," ujar Firdaus, Senin (31/1/2022). 

Menurutnya, penelusuran dioptimalkan guna memastikan lonjakan kasus berasal dari klaster mana. Ia menyebut penelusuran ini sekaligus upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19.

"Semua kita persiapkan untuk mengantisipasi kenaikan kasus, apalagi sudah ada arahan langsung dari Pak Presiden," terangnya.

Firdaus mengatakan bahwa prediksi awal dari ahli epidemiologi lonjakan kasus terjadi pada rentang Februari hingga Maret 2022. Pemerintah kota bersama satgas mempersiapkan fasilitas ruang isolasi khsusu dan ICU di rumah sakit serta isolasi terpusat.

"Kita persiapkan ini sebagai antisipasi lonjakan kasus, dari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Tapi pencegahan lebih utama," jelasnya.

Dirinya mendorong tim satgas lebih meningkatkan pengawasan untuk mengajak masyarakat lebih memperketat protokol kesehatan. Ada tim hunting dan Gakkum Satgas Covid yang masih melakukan patroli prokes.

Masyarakat juga harus suntik vaksin lengkap dan ditambah booster atau dosis ketiga untuk antisipasi penyebaran Covid-19 maupun varian Omicron.***

Berita Lainnya

Index