Taman Labuai Citywalk Pekanbaru Segera Dioperasikan

Taman Labuai Citywalk Pekanbaru Segera Dioperasikan
Kawasan Taman Labuai Citywalk Pekanbaru

PEKANBARU - Taman Labuai Citywalk rencananya bakal dioperasikan pada tahun ini. Lokasi itu bakal dijadikan kawasan wisata kuliner, setelah Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan revitalisasi Taman Labuai sejak tahun lalu. 

Saat ini telah dibangun puluhan booth atau tempat berjualan untuk para pelaku UMKM. Pedestrian disepanjang jalan juga sudah ditata dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. 

Pengelolaan kawasan itu kini berada dibawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru. Lokasi itu dijadikan tempat destinasi wisata kuliner khas Riau. 

"Untuk kondisi fisik sudah 100 persen selesai. Tinggal pemanfaatan saja lagi. Mudah-mudahan akhir tahun ini bisa dioperasikan," kata Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra, Kamis (3/10). 

Penataan kawasan Taman Labuai ini juga melibatkan Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta dinas-dinas terkait lainnya. Sehingga, perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan kepariwisataan ikut mempromosikan pusat-pusat UMKM tersebut.

"Saat ini sudah ada 20 both yang disiapkan pemerintah," ulasnya. 

Penataan taman yang berlokasi di samping Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman tersebut dilakukan sejak tahun 2023 lalu. Namun, Pemko Pekanbaru baru menyelesaikan penataan fisik karena keterbatasan anggaran tahun lalu.

Pusat kuliner tersebut nantinya fokus untuk wisata kuliner malam. Tujuannya untuk menjadi sasaran wisatawan yang datang dari luar Kota Pekanbaru, apabila ingin menikmati suasana malam Kota Bertuah.

Pemerintah kota menggelontorkan anggaran sebesar Rp2,8 miliar untuk revitalisasi kawasan tersebut. Selain lapak pedagang, ada fasilitas seperti toilet dan panggung hiburan yang dibangun di sana.

Berita Lainnya

Index