Capaian PIN Polio Rendah, Diskes Pekanbaru Nilai Kurang Edukasi Masyarakat

Capaian PIN Polio Rendah, Diskes Pekanbaru Nilai Kurang Edukasi Masyarakat
Pemberian vaksin polio anak

PEKANBARU - Pemberian imunisasi polio dalam Program Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kota Pekanbaru belum capai target. Masih banyak anak-anak di Pekanbaru yang belum lengkap mendapat imunisasi polio ini. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, dari hasil evaluasi PIN Polio salah satu persoalan utama yang dihadapi adalah kurangnya edukasi kepada masyarakat. 

"Ada beberapa persoalan yang muncul, salah satunya adalah kurangnya edukasi kepada masyarakat. Banyak yang mengira bahwa vaksin Polio hanya perlu diberikan sekali, padahal harus dua kali," kata Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (30/9). 

Menurutnya, penyebaran informasi yang tidak merata juga menjadi tantangan tersendiri. Kemudian, melacak dan memastikan cakupan imunisasi di seluruh wilayah yang cukup luas ini membutuhkan waktu. 

"Sekolah-sekolah resmi pemerintah sudah menunjukkan hasil yang cukup baik. Tetapi masih ada kesulitan di posyandu dan pada anak-anak di bawah usia 5 tahun," terang Ingot.

Meskipun demikian, Diskes terus melakukan upaya untuk meningkatkan cakupan imunisasi Polio. Diskes terus melakukan tracking hingga ada perintah untuk penghentian program ini. 

"Kami juga berkoordinasi dengan wilayah-wilayah terkait untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan lengkap," jelasnya. 

Diharapkan dengan upaya berkelanjutan ini, program imunisasi polio di Pekanbaru dapat mencapai target yang diharapkan. Sehingga, anak-anak terlindungi dari penyakit Polio. 

Dari data Diskes Kota Pekanbaru, pada imunisasi polio tahap satu hanya terdapat sebanyak 85.085 anak yang diberikan vaksin. Angka itu berkisar 58 persen dari target 145.754 anak.

Kemudian di imunisasi tahap kedua, jumlah anak yang menjalani vaksinasi baru berjumlah 55.899 orang dari 85.085 anak yang menjalani vaksinasi tahap satu.

Seperti diketahui, Kota Pekanbaru diberi target oleh Pemerintah Pusat untuk memvaksinasi polio 145.754 anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan.

Berita Lainnya

Index