Sumber Api yang Hanguskan 3 Kantor OPD Pemko Pekanbaru Belum Jelas

Sumber Api yang Hanguskan 3 Kantor OPD Pemko Pekanbaru Belum Jelas
Kondisi Gedung Lipat Kajang, Komplek Perkantoran Tenayan Raya pasca terbakar

Riauakini.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menyerahkan sepenuhnya penyelidikan ke pihak kepolisian terkait sumber api yang menghanguskan Gedung Lipat Kajang, Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru, Tenayan Raya. 

Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa mengatakan, hingga kini belum bisa dipastikan dari mana sumber api yang membakar gedung yang dihuni 3 OPD tersebut. 

Ia meminta agar masyarakat atau pihak lain agar tidak memunculkan isu-isu negatif terkait kebakaran ini. Risnandar tidak ingin ada pihak yang berspekulasi atas sumber api dalam kebakaran itu.

Apalagi sampai mengeluarkan spekulasi negatif atas kejadian kebakaran di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru ini.

"Jangan ada isu ada hal-hal negatif, ngga ada. Kan teman-teman media melihat sendiri kejadian dan proses pemadamannya," kata Risnandar Mahiwa, Rabu (25/9). 

Ia menjelaskan, sumber api yang menyebabkan kebakaran Gedung di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya masih belum dipastikan. Tim Inafis Polda Riau masih melakukan penyelidikan.

"Dari sisi penyebab kebakaran, Tim Inafis Polda Riau sedang menyelidiki," tegas Pj Wako Risnandar. 

Risnandar menyebut, kerugian belum dipastikan karena masih dalam perhitungan tim yang menyelidiki kebakaran itu. Ia bakal mengevaluasi SOP penanganan kebakaran di komplek perkantoran pemerintah itu.

Apalagi kebakaran di Gedung Lipat Kajang adalah kebakaran kedua dalam komplek perkantoran tersebut. Api sempat membakar Kantor BPKAD Kota Pekanbaru pada 2023 silam.

Risnandar juga menyetujui rencana pembuatan pos damkar dalam area kantor itu. Dirinya bakal memeriksa standar pengamanan gedung dari kebakaran. Ia menyebut setiap gedung harus punya hydrant.

Setiap lantai gedung mesti punya alat pemadam berupa APAR. Ia mengaku bakal koordinasi terkait penanganan kebakaran di komplek perkantoran itu.

"Ke depan selain kita siagakan ada pos Damkar satu di sini, lalu unit damkar juga disiagakan," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index