Pedagang Pasar Bawah Bakal Dipindah dari TPS Tahun Depan

Pedagang Pasar Bawah Bakal Dipindah dari TPS Tahun Depan
Kepala Disperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin

PEKANBARU - Bangunan Pasar Wisata Pasar Bawah, Kota Pekanbaru bakal memiliki wajah baru usai dilakukan revitalisasi. Pasar ini ditargetkan bisa kembali ditempati pedagang pada awal tahun 2025. Pekerjaan revitalisasi saat ini masih berlangsung hingga akhir tahun 2024.

Pengelola pasar saat ini yaitu PT. Ali Akbar Sejahtera harus menggesa revitalisasi pasar ini. Sehingga kembali bisa beraktivitas pada awal tahun depan. 

Ratusan pedagang kini berada di Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pelabuhan Pelindo Pekanbaru. Ada 240 pedagang menanti revitalisasi tuntas agar Pasar Bawah Pekanbaru kembali bisa ditempati. 

"Kita targetkan bisa tuntas pada akhir tahun ini, InsyaAllah akhir tahun nanti," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Kamis (12/9). 

Dalam perjanjian, paling lambat pengelola harus menuntaskan revitalisasi pada awal tahun 2025. Ia sangat berharap para pedagang bisa berjualan kembali di sana jelang momen Idul Fitri tahun depan.

Revitalisasi ini tidak cuma membenahi fasilitas pasar itu. Namun juga membenahi  infrastuktur pasar yang sudah berusia puluhan tahun.

"Karena sudah berusia puluhan tahun seluruh tembok di pasar itu diganti," terang Ami, sapaan akrabnya. 

Dirinya menjelaskan bahwa struktur pasar masih kuat hingga saat ini. Ia menjamin belum ada rencana merubuhkan pasar itu untuk dibangun kembali.

"Kita tidak ingin rubuhkan, tapi revitalisasi saja," jelasnya.

Revitalisasi Pasar Bawah Pekanbaru seiring penataan kawasan di sekitarnya. Mereka membenahi akses jalan hingga menyiapkan lokasi parkir yang representatif bagi pengunjung.

Berita Lainnya

Index