Pemko Pekanbaru Siapkan Sejumlah Opsi Kelola Sampah di Tahun Depan

Pemko Pekanbaru Siapkan Sejumlah Opsi Kelola Sampah di Tahun Depan
Plt Kepala DLHK Pekanbaru, Reza Fahlevi

PEKANBARU - Pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru saat ini masih menggunakan pihak ketiga atau swasta. Mereka mengangkut sampah dari permukiman masyarakat hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 

Untuk tahun depan pengelolaan sampah diperkirakan masih tetap menggunakan swasta. Namun ada sejumlah opsi dipersiapkan untuk pengelolaan sampah pada tahun depan.

"Kita sudah persiapkan sejumlah opsi untuk pengelolaan sampah pada tahun 2025," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Reza Fahlevi, Minggu (1/9). 

Ia menuturkan, bahwa opsi tersebut yakni pengelolaan oleh pihak ketiga atau swasta. Apalagi hingga kini Kota Pekanbaru masih mengelola angkutan sampah dengan menggandeng pihak swasta.

Mereka bekerjasama dengan operator angkutan sampah yakni PT. Bina Riau Sejahtera. Pengangkutan berlangsung di dua zona kota selain kawasan Rumbai.

Reza menyebut, opsi lainnya yang dipersiapkan yakni pengelolaan sampah oleh kecamatan. Ada juga pengelolaan sampah oleh Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD.

Pihaknya mengaku siap menerima arahan dari pimpinan terkait pengelolaan sampah pada tahun depan. DLHK Pekanbaru juga sudah melakukan serangkaian persiapan dalam mengelola sampah.

"Kita sedang mempersiapkan segala sesuatunya, kita minta arahan pimpinan terkait pola pengelolaan terbaik," terang Reza. 

Walaupun demikian, pihaknya masih melakukan kajian terhadap seluruh opsi yang ada. Apalagi tahap persiapannya memang butuh waktu.

"Tapi dari awal sudah kita lakukan kajian terhadap opsi tersebut," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index