Peserta Didik Tak Lulus PPDB SMP Negeri Diakomodir

Peserta Didik Tak Lulus PPDB SMP Negeri Diakomodir
Panitia PPDB SMP Negeri | foto/net

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, tetap mengakomodir calon peserta didik SMP negeri yang tidak lulus dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2024. Disdik tetap mendata, agar calon peserta didik itu bisa dimasukkan ke sekolah negeri yang ditentukan Disdik.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, penyebaran SMP negeri tidak merata saat ini. Sehingga, ada beberapa calon peserta didik yang belum diterima. 

"Kami biarkan dahulu anak yang diterima masuk sekolah. Mereka yang tak lulus PPDB ini tetap didata. Kami yang menentukan sekolah anak-anak itu nanti," kata Abdul Jamal, Rabu (10/7). 

Rencananya, penempatan calon peserta didik yang tidak diterima dalam PPDB SMP negeri bakal ditempatkan pada sekolah yang masih kekurangan kuota. SMP ini menyebar di sejumlah tempat. 

Dalam PPDB kemarin, ada sejumlah SMP negeri yang minim peserta didik, di antaranya SMPN 49, SMPN 28, SMPN 52, SMPN 38 dan SMPN 14.

Di SMPN 49, dari kuota 32 hanya terisi 17 orang. Kemudian SMPN 28 dari kuota 64 terisi 22 orang, begitu juga SMPN 52 dari kuota  96 terisi 36 orang, lalu SMPN 38 dari kuota 160 hanya terisi 57 orang, dan SMPN 14 dari kuota 320, terisi 90 orang.

"Kalau memang ada sekolah yang kuotanya masih kosong, kita coba akomodir (calon peserta didik) tempatan yang bermasalah dengan administrasi seperti KK yang belum sampai 1 tahun. Itu yang akan kita prioritaskan," jelasnya. 

Sementara, kalau calon peserta didik SD tak perlu pendataan. Karena, dikatakan Jamal jumlah SD negeri cukup banyak. 

"Warga jangan pindah domisili dahulu," saran Jamal

Ditambahkannya, ada 52 SMP negeri dan 176 SD negeri di Pekanbaru. Makanya, persoalan PPDB itu lebih banyak di SMP negeri. 

"Calon peserta didik tempatan dan berstatus miskin akan kami arahkan ke SMP terdekat. Kalau 5 atau 10 orang bisa penuhi ke SMP negeri. Tapi, kami yang menentukan sekolahnya," ungkapnya. 

Seperti diketahui, Disdik Pekanbaru pada Selasa (2/7) pagi sudah mengumkan hasil seleksi PPDB 51 SMP negeri dan 4 SMP swasta melalui laman ppdbpekanbaru.id.

Dari hasil seleksi, terdapat sebanyak 9.005 tamatan sekolah dasar (SD) yang diterima. Sementara untuk pendaftar mencapai 10.757 orang. Sedangkan kuota yang disiapkan di 55 SMP peserta PPDB sebanyak 10.215 orang.

Berita Lainnya

Index