Rangkaian PPDB Tahun 2024 Dipastikan Transparan

Rangkaian PPDB Tahun 2024 Dipastikan Transparan
Orangtua siswa mendaftarkan anak mereka | net

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mengimbau orangtua calon peserta didik tidak perlu khawatir dengan rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 di Kota Pekanbaru. Penyelenggara memastikan tahapan PPDB berlangsung transparan.  

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi mengatakan, ada komitmen bersama di Kota Pekanbaru untuk mencegah munculnya pungutan liar selama PPDB. Jangan sampai ada sekolah yang sengaja memungut uang kepada calon peserta didik di luar ketentuan yang ada.

"Jangan ada iming- iming, uang ini uang itu, kita sampaikan. Jangan sekali-kali ada pungutan, sudah ada komitmen bersama ombudsman dan KPK terkait PPDB," Masykur Tarmizi, Kamis (27/6). 

Ia menuturkan, semua pihak sudah sepakat bahwa PPDB digelar secara online di SD maupun SMP negeri. Ia menyebut PPDB online ini digelar agar penerimaan peserta didik bisa berlangsung objektif, transparan dan akuntabel.

Masykur mengatakan bahwa kesepakatan tersebut sudah ditandatangani semua pihak. Ia memastikan pemerintah kota bersama semua pihak berkomitmen nyata agar proses PPDB secara objektif, transparan dan akuntabel.

"Dengan pelaksanaan PPDB secara online, ini komitmen nyata agar proses PPDB berjalan dengan baik," terangnya. 

Dirinya menyadari bahwa pada tahun 2023 lalu nilai PPDB Kota Pekanbaru masih kuning. Ia berharap ada perubahan lebih baik di tahun ini dengan kesepakatan bersama semua pihak.

"Kesepakatan ini juga bentuk komitmen kita bersama agar mendapat nilai hijau untuk PPDB," jelasnya. 

Seperti diketahui bahwa rangkaian PPDB tingkat SMP Negeri tahun ajaran 2024/2025 sudah dimulai sejak, Rabu (26/6) kemarin. PPDB digelar secara online hingga 30 Juni 2024.

Berita Lainnya

Index