Zero Fire, Status Siaga Darurat Karhutla Belum Ditetapkan

Zero Fire, Status Siaga Darurat Karhutla Belum Ditetapkan
Kebakaran lahan | net

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, memastikan hingga kini masih zero fire karena sampai saat ini belum ada kebakaran lahan. Kondisi cuaca di Kota Pekanbaru saat ini sudah memasuki musim kemarau. 

Pemerintah Kota Pekanbaru juga belum menetapkan status siaga darurat walau Pemerintah Provinsi Riau dan sejumlah daerah di Riau sudah menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra mengatakan, walaupun demikian untuk Ibukota Provinsi Riau ini masih kondusif karena belum terdapat kebakaran lahan.

"Untuk di Pekanbaru belum ada kejadian kebakaran, sehingga masih zero fire," kata Zarman Candra, Minggu (17/3). 

Ia menuturkan, kondisi itu menjadi alasan pemerintah kota hingga kini belum menetapkan situasi status siaga darurat karhutla. Apalagi mereka baru saja mencatat status siaga darurat banjir pada akhir Februari 2024 lalu.

"Sampai saat ini kita belum berencana menetapkan status siaga darurat karhutla, kita juga baru cabut status siaga darurat banjir," terang Zarman Candra. 

Zarman menyampaikan bahwa kondisi cuaca Kota Pekanbaru saat ini sudah memasuki musim panas. Namun beberapa hari sempat diwarnai kondisi ekstrem.

Ada hujan beberapa kali mengguyur dengan intensitas kecil dan sedang. Ia menyebut bahwa Tim BPBD Kota Pekanbaru di lapangan tetap melakukan upaya pencegahan kebakaran lahan.

"Kita lakukan upaya pencegahan, dengan sosialisasi ke masyarakat di wilayah rawan kebakaran lahan," jelasnya. 

Pihaknya juga melakukan langkah antisipasi dengan memberikan imbauan kepada masyarakat. Mereka mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Berita Lainnya

Index