Edaran Segera Diterbitkan, Hiburan Malam Ditutup Selama Ramadhan

Edaran Segera Diterbitkan, Hiburan Malam Ditutup Selama Ramadhan
Tempat hiburan malam | foto/net

PEKANBARU - Seluruh tempat hiburan malam atau THM di Kota Pekanbaru diminta untuk menghentikan operasional selama bulan suci Ramadhan. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, segera menerbitkan surat edaran terkait penutupan THM selama bulan Ramadhan ini. 

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, surat edaran ini sedang di proses oleh Pemko agar bisa segera diterbitkan. Sebelum masuknya bulan Ramadhan edaran ini akan disampaikan kepada seluruh masyarakat dan pelaku usaha.

"Ini sedang diproses oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, mudah-mudahan dalam waktu dekat surat edaran ini sudah bisa ditandatangani oleh Pj Walikota Pekanbaru Bapak Muflihun," kata Zulfahmi Adrian, Kamis (29/2). 

Ia menuturkan, surat edaran terkait pengaturan kegiatan masyarakat dan pelaku usaha selama bulan Ramadhan ini selalu diterbitkan pemerintah kota. Tidak hanya hiburan malam, ada juga pembatasan aktivitas pelaku usaha lainnya.

Dijelaskannya, nanti di dalam surat edaran tersebut akan diatur secara lengkap berkaitan dengan jam operasional, kemudian aktivitas masyarakat, dalam menjaga nuansa nyaman, aman, damai dalam bulan suci Ramadan ini.

"Jadi nanti akan dituangkan dalam surat edaran itu," jelas Zulfahmi. 

Sebelumnya pemerintah kota juga menerbitkan surat edaran terkait proses belajar mengajar selama bulan Ramadhan 1445 Hijriyah. Dalam edaran ini, murid PAUD dan TK diliburkan selama Ramadhan. 

Sementara untuk murid SD dan SMP tetap belajar di sekolah dengan durasi terbatas. Kemudian ada juga penambahan kegiatan keagamaan dalam pembelajaran di sekolah. 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, bahwa pihaknya sudah menyusun kegiatan-kegiatan yang digelar murid selama Ramadhan. Pembelajaran selama Ramadhan akan dimulai pada 13 Maret hingga 6 April. 

"Untuk edaran mungkin besok kita edarkan. Untuk peserta didik PAUD dan TK, itu kita akan liburkan selama bulan Ramadhan, mereka masuk setelah lebaran nanti, sama-sama dengan siswa SD dan SMP," kata Abdul Jamal, Rabu (28/2).

Jamal menjelaskan, khusus untuk kelas 1-3 SD, mereka akan belajar dari pukul 08.00-11.00 WIB. Setelah itu mereka dipulangkan.

Sedangkan untuk murid kelas 4 SD hingga 9 SMP, mulai pukul 11.00 WIB hingga Salat Zuhur, mereka akan mengikuti kegiatan Amaliyah Ramadhan.

Berita Lainnya

Index