Harga Komoditi Pangan Diprediksi Turun Awal Ramadhan

Harga Komoditi Pangan Diprediksi Turun Awal Ramadhan
Mendag RI, Zulkifli Hasan saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Palapa

PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru terus melakukan pemantauan harga bahan pangan di pasaran. Mereka juga memastikan suplai dan ketersediaan bahan pangan. 

Harga beberapa komoditi saat ini masih tinggi. Diharapkan harga cabai dan ayam potong bisa turun di awal Ramadan. Harga cabai melonjak saat ini akibat efek musim hujan disertai longsor jalur Sumbar-Riau. 

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, harga bahan pangan yang naik itu antara lain cabai dan bawang merah. Kenaikan harga terjadi karena kurangnya pasokan dari daerah penghasil. 

Produksi cabai dan bawang merah berkurang akibat cuaca. Ditambah lagi, Jalan Sumbar-Riau putus beberapa waktu lalu. Sehingga, harga bahan pangan naik cukup tinggi. 

"Saya berharap cabai dan bawang bisa panen yang bagus. Sehingga, kita mendapat harga yang terjangkau di awal Ramadan," ujar Ami, sapaan akrabnya, Selasa (27/2/2024). 

Ia menambahkan, harga ayam potong juga mengalami kenaikan. Para pengusaha ayam potong sudah dipanggil soal kendala pakan. 

"Harga pakan ayam masih stabil. Saya perkirakan harga ayam potong turun pada bulan Maret. Karena, jumlah pasokan ayam lebih banyak," jelas Ami. 

Selain itu harga beras saat ini juga stabil. Karena, stok beras cukup banyak. 

"Kami juga menggelar pasar murah di Tenayan Raya hari ini. Pasar murah hanya satu titik supaya paketnya bisa lebih banyak," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index