Pengawasan Bahan Pokok Dilakukan Hingga ke Hulu

Pengawasan Bahan Pokok Dilakukan Hingga ke Hulu
Kepala Disperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin

PEKANBARU - Sejumlah harga komoditi bahan pokok mulai alami kenaikan di pasaran jelang masuknya Bulan Ramadhan. Salah satu komoditi yang alami kenaikan harga signifikan adalah cabai merah. 

Harga cabai merah di pasaran tembus mencapai Rp70 ribu per kilogram nya. Kenaikan harga ini mencapai Rp20 ribu per kilogram dibandingkan pada pekan kemarin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin tidak menampik adanya beberapa komoditi yang alami kenaikan harga. Ia menyebut harga bahan pokok masih fluktuatif saat ini.

"Gejolak harga bahan pangan masih terjadi karena pasokan banyak berasal dari luar daerah Kota Pekanbaru," kata Zulhelmi Arifin, Senin (19/2). 

Pria yang akrab disapa Ami ini mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berupaya melakukan kestabilan harga bahan pokok di pasaran. Salah satu upaya untuk mencegah kenaikan harga yakni menjalin kerjasama dengan daerah penghasil.

Ia menilai cara ini bisa menjadi solusi untuk menjamin ketersediaan pasokan bahan pangan. Jika pasokan terhambat tentu bisa berdampak terhadap kenaikan harga. 

"Kerjasama yang kita lakukan dengan daerah penghasil sembari melakukan pengawasan sampai ke hulu," terang Ami. 

Pihaknya juga menerjunkan tim ke seluruh pasar tradisional untuk memantau kenaikan harga bahan pangan. Mereka berupaya mengantisipasi lonjakan harga jelang memasuki bulan suci Ramadhan.

Ami mengungkapkan bahwa Pekanbaru bukanlah daerah penghasil. Kondisi ini membuat pemerintah kota harus menjalin kerjasama dengan daerah penghasil untuk mengendalikan harga bahan pangan.

"Kita melakukan kerjasama untuk pengendalian inflasi serta menjamin ketersediaan bahan pangan dari daerah penghasil," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index