Disperindag Tawarkan Pedagang Cik Puan Pinjaman Tanpa Bunga

Disperindag Tawarkan Pedagang Cik Puan Pinjaman Tanpa Bunga
Kepala Disperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menjelaskan program subsidi bunga

PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, sosialisasikan program pinjaman tanpa bunga ke pedagang Pasar Cik Puan, Selasa (30/1/2024). Sosialisasi ini disambut antusias para pedagang pasar. 

Kegiatan yang dipimpin Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin ini juga sekaligus mengkampanyekan lawan rentenir dengan memanfaatkan program unggulan Pemko Pekanbaru tersebut. 

"Program subsidi bunga ini merupakan salah satu dari lima program Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun. Dengan memberikan pinjaman tanpa bunga ke pelaku UMKM," kata Zulhelmi Arifin. 

Program subsidi bunga ini sengaja dicetus Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun sebagai bentuk dan bukti bahwa pemerintah ada bersama masyarakat. Hal ini juga tentu membantu para pedagang mikro dari pinjaman yang memiliki bunga tinggi. 

"Kalau dulu pedagang ini kan ada yang pinjam untuk usaha, pinjam 4 ganti 8. Jadi ini yang kita lawan, rentenir-rentenir seperti itu melalui program subsidi bunga ini," ujar Ami, sapaan akrabnya. 

Melalui program ini, dikatakan Ami, bisa memperkuat modal bagi pedagang. Pinjaman ini melalui BPR Pekanbaru dan bunga pinjaman tersebut akan di subsidi pemerintah kota. 

Ia memberi contoh, jika pedagang meminjam Rp10 juta maka pedagang tetap membayar Rp10 juta dengan pola mengangsur. Salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan ini, yaitu peminjam tidak memiliki hutang lain ke pemerintah kota. 

"Ini salah satu bentuk upaya kita untuk mengendalikan inflasi dengan menguatkan pedagang-pedagang ini. Jadi, kita kampanyekan lawan rentenir dengan memanfaatkan bantuan ini," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index