OPD Pemko Pekanbaru Diminta Segera Belanjakan APBD 2024

OPD Pemko Pekanbaru Diminta Segera Belanjakan APBD 2024
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

PEKANBARU - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, diminta segera untuk menjalankan kegiatan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024. Mereka sudah bisa membelanjakan APBD, dan memulai kegiatan sesuai rencana kegiatan. 

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, saat ini sudah memasuki minggu ketiga bulan Januari. OPD diminta segera menjalankan kegiatan yang ada pada dinas masing-masing. 

"Karena ini sudah minggu ketiga Januari, kita menghimbau seluruh kepala OPD itu cepat melaksanakan semua kegiatannya. Supaya APBD yang berjalan bisa bergerak," kata Indra Pomi Nasution, Selasa (30/1). 

Menurutnya, jika kegiatan pada OPD sudah berjalan tentu akan berpengaruh terhadap seluruh pihak. Seperti perekonomian bergerak karena proyek pada pemerintah sudah mulai berjalan. 

"Ini berpengaruh terhadap gajinya pegawai pemerintah, proyek-proyeknya pemerintah. Ini tentu berdampak," terang Indra Pomi. 

Sebagimana diketahui, pada rapat paripurna DPRD Kota Pekanbaru akhir November 2023 kemarin mengesahkan APBD Pekanbaru tahun 2024 dengan alokasi senilai Rp2,825 triliun.

Jika dibandingkan dengan APBD tahun 2023 senilai senilai Rp2,699 triliun maka ada kenaikan anggaran sekitar Rp126 miliar. Ada berbagai program prioritas Pemerintah Kota Pekanbaru yang telah dimulai tahun 2023 dan akan dilanjutkan pada tahun 2024 ini. 

Program tersebut seperti Universal Health Coverage (UHC), doctor on call, pinjaman bank bagi pelaku UMKM, hingga santunan kematian. Selain program prioritas tersebut Pemerintah Kota Pekanbaru juga menganggarkan dana untuk Pemilu kepala daerah 2024 sebesar Rp79 miliar.***

Berita Lainnya

Index