Tenda Penampungan Masih Disiagakan di Lokasi Rawan Banjir

Tenda Penampungan Masih Disiagakan di Lokasi Rawan Banjir
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution saat meninjau lokasi banjir di Kelurahan Sri Meranti, Rumbai beberapa waktu lalu

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Sosial (Dinsos) hingga kini masih menyiagakan tenda di sejumlah titik lokasi banjir. Masyarakat bisa memanfaatkan tenda yang didirikan untuk evakuasi disaat banjir. 

Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus mengatakan, lebih kurang sudah dua bulan banjir melanda Kota Pekanbaru. Seiring dengan kondisi itu, pihaknya pun mendirikan tenda sebagai tempat pengungsian bagi masyarakat terdampak.

Total tenda yang dipasang Dinsos sejak dua bulan terakhir ada sekitar 19 titik. Namun seiring dengan surutnya genangan banjir, pihaknya pun mulai melakukan pembongkaran terhadap tenda yang terpasang.

"Karena tenda tersebut sudah tidak lagi digunakan, makanya kita bongkar untuk menghindari terjadinya kerusakan. Tapi masih ada 9 titik lainnya yang belum dibongkar, untuk mengantisipasi kemungkinan air kembali naik, apalagi beberapa hari ini intensitas hujan kembali tinggi," kata Idrus, Minggu (28/1/2024).

Ia menuturkan, untuk saat ini sembilan tenda yang masih disiagakan oleh Dinas Sosial dalam kondisi kosong atau sama sekali tidak ada pengungsi. Idrus mengatakan, rata-rata warga yang terdampak banjir sudah pulang ke rumah masing-masing.

“Warga sudah mulai pulang ke rumah dan kembali beraktivitas seperti biasa. Kita juga sudah tidak lagi memberikan bantuan makanan seperti saat mereka masih ada di tenda," terang Idrus. 

Ia menambahkan, untuk sembilan tenda yang masih berdiri di lokasi titik banjir, akan dibongkar jika hujan sudah mereda dan tidak memungkinkan lagi untuk terjadi banjir.

"Sembilan tenda itu baru akan dibongkar jika hujan sudah mulai berkurang dan tidak ada kemungkinan terjadinya banjir di daerah rawan banjir," tutup Idrus.

Berita Lainnya

Index