Pusat UMKM Pekanbaru Dioperasikan Tahun Depan

Pusat UMKM Pekanbaru Dioperasikan Tahun Depan
Kepala Disbudpar Pekanbaru, Masriyah

PEKANBARU - Pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru, bakal dioperasikan pada tahun depan. Pusat UMKM ini telah disosialisasikan dalam setiap kegiatan Pekanbaru. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru Masriyah mengatakan, eks Kantor Disbudpar sedang direnovasi menjadi pusat UMKM di Jalan Arifin Ahmad. Rencananya, pusat UMKM ini mulai dioperasikan tahun depan. 

"Pemko telah mensosialisasikan dalam setiap kegiatan bahwa pusat UMKM sedang dibangun di Jalan Arifin Ahmad. Organisasi pariwisata juga telah diimbau agar mengarahkan bus pariwisata dari luar Pekanbaru agar mampir ke pusat UMKM," kata Masriyah, Senin (26/12). 

Ia menuturkan, dengan adanya Pusat UMKM ini diharapkan agar wisatawan berbelanja oleh-oleh khas Pekanbaru. Ia menilai warga Pekanbaru memiliki kreativitas produk UMKM, salah satunya rendang teri ombak. 

Diberitakan sebelumnya, Pusat UMKM telah direncanakan pada 2022. Kini, Pusat UMKM ini hampir selesai direnovasi dengan menempati eks rumah dinas wakil wali kota Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad. 

"Saya harap seluruh produk yang telah dibina maupun berkualitas bisa dipajang di Pusat UMKM. Sehingga, para tamu bisa belanja di Pusat UMKM ini. Perekomian warga juga bisa terbantu," ujar Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Sabtu (9/12).

Pusat UMKM ini menggunakan eks kediaman wakil wali kota Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad (dulu kantor bersama Badan Kesbangpol, KPU, dan KONI Pekanbaru). Bangunannya tak banyak diubah. 

"Kami hanya memberikan penambahan agar penampilan bangunan lebih indah. Supaya, bangunan lebih menarik bagi para tamu yang datang," jelas Muflihun. 

Tahun ini, anggaran baru bisa untuk renovasi fisik. Namun, interiornya telah dianggarkan di APBD 2024.***

Berita Lainnya

Index