OPD Disurati, ASN Diminta Netral Pada Pemilu 2024

OPD Disurati, ASN Diminta Netral Pada Pemilu 2024
Ilustrasi

PEKANBARU - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, diingatkan untuk netral dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. ASN diingatkan tidak berpihak ke salah satu calon maupun partai politik tertentu.

Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru Irwan Suryadi mengatakan, pihaknya sudah berkirim surat kepada semua OPD terkait hal ini. Para ASN diminta tidak ikut berpolitik pada pesta demokrasi tersebut. 

"Pada dasarnya kita sudah bersurat ke semua OPD. Terus juga sudah disampaikan ke semua OPD untuk netralitas ASN menghadapi Pileg, Pemilukada dan lain-lainnya," kata Irwan, Rabu (29/11). 

Apalagi mulai saat ini masa kampanye Pemilu 2024 sudah dimulai dan akan berlangsung hingga tanggal 10 Februari 2024 mendatang. Tentunya para ASN diharapkan tidak ikut dalam rangkaian kampanye tersebut. 

Ia mengatakan pemerintah kota juga melakukan ikrar ASN netral. Ikrar ini diharapkan bisa menjadi batasan untuk ASN tidak ikut terlibat dalam politik.

"Kita lakukan deklarasi ASN Netral juga, jadi inti dari ikrar tersebut adalah menegakkan prinsip netralitas ASN, melaksanakan fungsi pelayanan tetap selama maupun setelah pemilu," jelasnya. 

Selanjutnya menghindari konflik kepentingan, terus tidak melakukan semacam praktek intimidasi dan ancaman kepada seluruh elemen masyarakat dan juga pada salah satu Paslon tertentu.

Kemudian bijak menggunakan media sosial. Gunakan medsos secara baik dan bijak, supaya tidak menimbulkan ujaran kebencian atau berita bohong. 

"Maka kita sudah surati seluruh OPD di Pemko Pekanbaru, terkait netralitas ASN ini," pungkasnya.***

Berita Lainnya

Index