Pedagang Pasar Tumpah Ahmad Yani Segera Direlokasi

Pedagang Pasar Tumpah Ahmad Yani Segera Direlokasi
Kasatpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, bakal menata pedagang pasar tumpah di sepanjang Jalan Ahmad Yani. Karena saat ini, sebagian ruas Jalan Ahmad Yani pada pagi hari dipenuhi pedagang dan membuat lalulintas menjadi terhambat. 

Pemko Pekanbaru sudah membahas relokasi pedagang pasar tumpah di Jalan Ahmad Yani. Para pedagang ini akan direlokasi ke Pasar Agus Salim.

"Kemarin, kami sudah melakukan rapat terbatas terkait penyelesaian pedagang yang berjualan di Jalan Ahmad Yani hingga ke Jalan Agus Salim. Kami membahas dua area ini," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Senin (6/11).

Ia menuturkan, kedepan Satpol PP akan melakukan penataan dan pembinaan pedagang kaki lima (PKL). Misalkan ada pelanggaran selama penataan, maka akan dilakukan penertiban. 

"Kami harapkan, pemko memiliki regulasi yang lebih detail lagi. Sehingga, terwujud Kota Pekanbaru yang indah, nyaman, dengan upaya preventif dan persuasif," harapnya.

Ia menyebut bahwa data PKL masih harus dibahas lagi. Pemko juga harus menetapkan wilayah yang diizinkan dan tak diizinkan sebagai tempat berjualan PKL. 

"Ada juga wilayah yang diizinkan bagi PKL pada jam tertentu. Sehingga, PKL ini bisa ditata dan dibina," jelas Zulfahmi. 

Penataan ini termasuk bagi pedagang yang berjualan di badan Jalan Ahmad Yani atau pasar tumpah. Dalam rapat evaluasi penataan PKL pada 30 Oktober 2023, ia telah menyampaikan permasalahan pasar tumpah ini ke Asisten II Ingot Ahmad Hutasuhut dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

"Terkait pasar tumpah di Jalan Ahmad Yani ini, kami sarankan agar direlokasi. Karena, Jalan Ahmad Yani menjadi padat setiap pagi," ungkap Zulfahmi.

Kawasan sekitar pasar tumpah itu ada rumah sakit, sekolah, dan perkantoran. Makanya, pedagang pasar tumpah ini diupayakan agar masuk ke Pasar Agus Salim.***

Berita Lainnya

Index