DPKP Siagakan Mobil Damkar Bantu Amankan Pemilu 2024

DPKP Siagakan Mobil Damkar Bantu Amankan Pemilu 2024
Mobil pemadam kebakaran | net

PEKANBARU - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru, menyiagakan sejumlah mobil pemadam kebakaran atau damkar untuk membantu aparat keamanan dalam menjaga rangkaian Pemilu 2024. Para personel DPKP juga ikut membantu pengamanan Pemilu.

"Apabila memang ada aksi anarkis dengan pembakaran dalam rangkaian Pemilu mendatang, kami siap membantu upaya pemadaman," kata Kepala DPKP Kota Pekanbaru Burhan Gurning, Senin (30/10). 

Burhan berharap aksi anarki tidak terjadi tapi pihaknya tetap menyiagakan unit damkar dan personel untuk membantu pemadaman. Ia tidak ingin terjadi kebakaran akibat aksi anarkis dalam Pemilu nanti.

Pihaknya juga siap berjaga di objek vital selama Pemilu 2024 berlangsung. Mereka menyiagakan armada damkar di sejumlah pos dan objek vital. Total ada 17 mobil Damkar yang disiagakan nantinya. 

Apalagi saat penghitungan suara dalam Pemilu tentu pihaknya berjaga di titik rawan aksi anarkis. DPKP bersama aparat keamanan berjaga mencegah aksi membakar karena tidak puas dengan hasil penghitungan suara.

"Termasuk setelah penghitungan suara, kami juga siaga di beberapa titik rawan. Apabila dibutuhkan, kami akan siagakan unit damkar," jelas Burhan. 

Ia menuturkan, sesuai arahan dari Kapolda Riau pihaknya bersinergi dengan aparat dari TNI dan Polri dalam pengamanan pemilu. Ia menyebut bahwa armada damkar dipastikan siaga selama rangkaian pemilu.

Pihaknya juga terlibat dalam simulasi pengamanan kota pada pekan lalu. Mereka ikut ambil bagian dalam simulasi tersebut untuk memadamkan api yang disebabkan oleh aksi anarkis. 

"Pada intinya kita siap, kita siaga 24 jam, kapan diminta disiapkan armada damkar," ungkapnya. 

Burhan menambahkan unit damkar dalam kondisi siaga diharapkan bisa membantu pemadaman ketika dibutuhkan. Mereka siap mengantisipasi adanya aksi anarkis yang memicu kebakaran.***

Berita Lainnya

Index