Revitalisasi Pasar Palapa Hampir Rampung

Revitalisasi Pasar Palapa Hampir Rampung
Kontruksi bangunan revitalisasi Pasar Palapa

PEKANBARU - Progres revitalisasi Pasar Palapa, di Jalan Durian, Kecamatan Sukajadi hampir rampung. Pekerjaan pembangunan ditargetkan rampung pada bulan ini. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, progres proyek revitalisasi Pasar Palapa sudah mencapai 90 persen lebih. Pasar Palapa dengan bangunan bangunan baru ini akan selesai dalam beberapa hari ke depan. 

"Progres revitalisasi Pasar Palapa sudah 90 persen lebih. Revitalisasi akan selesai dalam beberapa hari lagi," kata Zulhelmi Arifin, Kamis (19/10). 

Ia menuturkan, lantai pasar juga akan dipasang kemarik. Diharapkan, Pasar Palapa dengan bangunan baru ini bisa diresmikan pada November 2023.

Diberitakan sebelumnya, Pemko Pekanbaru kembali mendapatkan dana Tugas Pembantuan (TP) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) setelah menunggu enam tahun. Kini, dana TP itu digunakan untuk revitalisasi Pasar Palapa.

Dikatakannya, bahwa bangunan pasar itu memiliki desain modern agar nyaman bagi pedagang dan pengunjung. Bangunan pasar itu memiliki rangka baja dengan konsep hall atau aula.

Pasar itu nantinya berfungsi sebagai pasar basah untuk pedagang sayur, ikan dan daging. Para pedagang yang berjualan di lokasi itu saat ini berjualan sementara di Tempat Penampungan Sementara (TPS). Lokasi TPS berada di area parkir Pasar Palapa.

Jika pasar sudah direvitalisasi dapat menampung sebanyak 80 pedagang. Bangunan pasar dalam revitalisasi ini berbentuk hall dengan ukuran 25 x 30 meter.

Anggaran untuk revitalisasi Pasar Palapa ini sebesar Rp 3 Miliar. Anggaran proyek ini bersumber dari Kementrian Perdagangan RI.***

Berita Lainnya

Index