TPS Pelindo Segera Ditempati Pedagang Pasar Bawah

TPS Pelindo Segera Ditempati Pedagang Pasar Bawah
Kepala Disperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin

PEKANBARU - Ratusan pedagang Pasar Bawah bakal tempati Tempat Penampungan Sementara (TPS) di kawasan Pelabuhan Pelindo yang tidak jauh dari pasar tersebut. Relokasi pedagang ini seiring dilakukannya renovasi Pasar Bawah oleh pengelola baru. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, pembangunan TPS sedang berlangsung dan pemindahan pedagang bakal mulai dilakukan. 

"Untuk progres pembangunan sudah sekitar 40 persen. Pemindahan tidak sekaligus, kita angsur-angsur. Mana bangunan yang sudah selesai bisa di isi pedagang," ujar Ami, sapaan akrabnya, Minggu (10/9/2023). 

Ia menuturkan, pedagang Pasar Bawah sementara waktu menghuni TPS jelang renovasi beberapa bangunan pasar rampung. Pada TPS itu rencananya juga bakal dibuat sentra UMKM yang menjual berbagai jajanan masyarakat. 

"Pengelola mengatakan, di sana juga ada lokasi tempat makanan. Dibuat lebih hidup lagi lah, tidak semata-mata hanya TPS pedagang saja," ungkapnya. 

Untuk diketahui, Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) antara Pemko Pekanbaru dengan PT AAS telah ditandatangani pada 12 April 2023. KSP ini berlaku selama 30 tahun. 

Dari kerja sama ini, ada dua hal yang penting supaya tidak timbul kesalahpahaman. Pemko Pekanbaru mendapat dua pendapatan dari kerja sama ini. 

Pertama, kontribusi tetap yang harus dibayar oleh PT AAS kepada Pemko Pekanbaru sebesar Rp677 juta pada tahun pertama. Nilai kontribusi ini naik 3 persen setiap tahun hingga masa kontrak 30 tahun.

Dari pengelolaan gedung ini, Pemko Pekanbaru mendapat bagi hasil sebesar 63,51 persen setiap tahun. Dana bagi hasil ini masuk ke kas daerah Pemko Pekanbaru. 

Pendapatan daerah ini digunakan untuk pelayanan masyarakat. Saat proses renovasi nanti, para pedagang akan direlokasi sementara hingga bangunan selesai ke Pelabuhan Pelindo.***

Berita Lainnya

Index