PWI Riau Deklarasi Lawan Hoaks di Pemilu 2024

PWI Riau Deklarasi Lawan Hoaks di Pemilu 2024
Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang bersama narasumber lainnya memaparkan fungsi pers dalam menghadapi Pemilu

PEKANBARU - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, Zulmansyah Sekedang ingatkan para jurnalis berhati-hati dalam menulis berita saat momen Pemilu. Para jurnalis diingatkan agar tidak terjebak dengan berita bohong atau hoaks. 

Zulmansyah mengimbau agar jurnalis bisa mendapatkan informasi dari sumber yang kompeten. Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Zoom ini dalam kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) bersama Bawaslu Riau. 

Dalam kegiatan yang bertema Deklarasi PWI Riau Lawan Hoaks Dalam Pemilu 2024 ini, turut dihadiri Pengurus PWI se-Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dan Ketua KPU Riau Ilham Yasir. 

Zoom menyebut, semakin dekat Pemilu maka kondisi semakin riuh. Para jurnalis diminta diminta bisa menyajikan informasi baik itu terkait calon legislatif (Caleg) maupun partai politik bisa memberitakannya secara berimbang. 

"Dalam bertugas di lapangan tetap waspada, dalam memberitakan satu berita jangan sampai hoaks," kata Zoom. 

Menurutnya, dalam pemberitaan diharapkan jurnalis bisa mendapatkan informasi dari sumber utama. Kemudian juga hati-hati dalam mengutip berita ditengah gempuran informasi yang beredar di media sosial. 

"Kebanyakan mengutip berita dari medsos, medsos tidak tepat jadi sumber. Pastikan sumber informasi dari yang kompeten," ulasnya. 

Dalam momen Pemilu ini, Zoom menyebut PWI ingin berkolaborasi untuk menciptakan pemilu yang jujur dan adil (Jurdil) dan damai. Tentunya dengan menyajikan pemberitaan yang sesuai fakta dan bisa dipertanggungjawabkan. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal mengatakan bahwa Pers punya sebuah aturan salah satunya kode etik. Kemudian orang Pers itu adalah orang yang bersikap independen.

"Maka sikap independen diharapkan terus dijaga. Segala upaya yang dilakukan Bawaslu dalam melibatkan masyarakat dan pers untuk upaya melakukan pengawasan dan menghindari sengketa pemilu," ungkapnya. 

Menurutnya, Pers juga salah satu alat untuk melakukan pengawasan. Dia berharap dengan berkolaborasi bersama PWI Riau diharapkan ke depan bisa bersinergi dalam menyukseskan Pemilu yang Jurdil. 

"Kita harapkan kegiatan jurnalistik di riau bisa lebih baik. Bantu Bawaslu untuk mengawal demokrasi dan mengawal Pemilu," pungkasnya. 

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pengukuhan susunan pengurus

Masyarakat Pers Pemantauan Pemilu (Mapilu) PWI Riau 2023-2028. 

Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang mengukuhkan Muhammad Amin sebagai ketua Mapilu Riau.***

Berita Lainnya

Index