Minggu Pertama Agustus Harga Bahan Pokok Naik, Pemko Intervensi

Minggu Pertama Agustus Harga Bahan Pokok Naik, Pemko Intervensi
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution

PEKANBARU - Sejumlah harga bahan pokok di Kota Pekanbaru pada minggu pertama Agustus 2023 terpantau naik. Beberapa komoditi di pasaran bahkan alami kenaikan harga cukup drastis, seperti bawang putih mencapai Rp50 ribu per kilogram. 

Sementara pada Juli 2023 kemarin untuk harga bawang putih hanya berkisar Rp40 ribu per kilogram. Namun diantara beberapa komoditi juga ada mengalami penurunan harga. 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, kondisi ini menjadi perhatian pemerintah kota. Melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pihaknya melakukan upaya intervensi harga di pasaran. 

"Tentu ini menjadi perhatian kita, ada tim yang akan mengawasi terkait kenaikan harga sejumlah komoditi ini," kata Indra Pomi Nasution, Kamis (3/8). 

Indra menyebut, pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap pasokan bahan pokok di pasaran guna mengendalikan inflasi.

Ada TPID yang selalu memantau pasokan, distribusi, maupun harga sejumlah bahan pokok di pasaran. Mereka berupaya menekan angka inflasi daerah dengan memastikan ketersediaan bahan pokok.

Menurutnya, TPID maupun dinas terkait juga rutin memantau distribusi bahan pokok dari daerah penghasil hingga ke pasaran. Mereka memastikan agar tidak ada oknum yang melakukan penimbunan barang.

"Selain itu kami dari pemerintah kota juga menggelar pasar murah. Kita adakan pasar murah untuk masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, dengan digelarnya pasar murah bisa memberikan intervensi harga terhadap bahan pokok yang alami kenaikan di pasaran.

Saat ini ada sejumlah harga komoditi seperti sayuran, cabai hingga bawang putih terus mengalami kenaikan di pasaran. 

Data dari Disperindag pada Pasar Dupa, Kodim, Arengka untuk harga cabai masih tinggi yakni Rp36 ribu hingga Rp38 ribu per kilogram dari harga sebelumnya hanya Rp32 ribu per kilogram. Lalu, harga cabai rawit saat ini Rp46 ribu per kilogram. Cabai hijau Rp30 ribu per kilogram.

Harga bawang merah dari harga Rp35 ribu per kilogram naik menjadi Rp38 ribu per kilogram, telur ayam berkisar Rp48 ribu hingga Rp53 ribu per papan. 

Sementara cabai merah Bukittinggi di akhir Juli 2023 hampir mencapai Rp40 ribu per kilogram, namun kini sudah turun jadi Rp38 ribu per kilogram.***

Berita Lainnya

Index