PPDB SMP Ditutup, Kuota Beberapa Jalur Banyak Belum Terisi

PPDB SMP Ditutup, Kuota Beberapa Jalur Banyak Belum Terisi
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun saat meninjau PPDB SMP negeri beberapa waktu lalu

PEKANBARU - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP negeri di Kota Pekanbaru berakhir, Selasa (4/7) kemarin. Total ada ribuan calon peserta didik yang mendaftar sejak mulai penerimaan pada 26 Juni 2023 lalu.

Jumlah pendaftar dari jalur zonasi atau warga tempatan mendominasi. Jumlahnya mencapai 8.183 orang, sedangkan jumlah kuota hanya 6.259 orang untuk jalur zonasi. 

"Jadi untuk PPDB tahun ini di Pekanbaru, jalur zonasi masih mendominasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Rabu (5/7). 

Dirinya menyebut panitia PPDB sudah melakukan rekapitulasi jumlah pendaftar. Ia menyampaikan bahwa total jumlah pendaftar mencapai 9.881 orang.

Jumlah pendaftar melebihi jumlah kuota yakni 9.617 orang. Kelebihannya sebanyak 264 orang dari kuota yang ada. 

Namun, ada jumlah kuota jalur lainnya masih banyak yang kosong. Total kuota jalur lainnya yang belum terisi mencapai 1.660.

Namun dinas pendidikan belum memastikan tindak lanjut kuota yang kosong tersebut. Kuota kosong untuk jalur afirmasi sebanyak 526. 

Kemudian kuota kosong untuk jalur pindah orangtua sebanyak 296. Sedangkan kuota untuk prestasi akademik masih kosong 440. Lalu kuota untuk prestasi non akademik masih sebanyak 398. 

Proses validasi dan verifikasi akan dilakukan segera. Jamal menyebut, rencananya pengumuman lulus PPDB akan disampaikan pada 6 Juli 2023.

Para peserta didik nantinya bisa melakukan daftar ulang mulai besok hingga 8 Juli 2023. Ia memastikan tidak ada kendala berarti selama PPDB. 

"Alhamdulillah lancar tidak ada kendala, sebab dinas pendidikan dan sekolah menyiapkan posko guna melayani masyarakat bila terkendala dalam pelaksanaan PPDB," ungkapnya.***

Berita Lainnya

Index