Potensi Angin Kencang Masih Terjadi di Pekanbaru

Kamis, 26 September 2024 | 16:23:03 WIB
Kepala BPBD Pekanbaru, Zarman Candra

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca saat ini. Cuaca saat ini sedang berada dalam masa peralihan dari musim kemarau ke penghujan. 

Dalam masa peralihan ini, potensi angin kencang masih terjadi. Masyarakat bisa melakukan langkah antisipasi karena perubahan cuaca yang terjadi begitu cepat. 

"Perubahan dari cuaca panas ke hujan itu sangat cepat. Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada karena potensi angin kencang juga masih terjadi," kata Kepala BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Kamis (26/9). 

Menurutnya, secara nasional prediksi cuaca saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Karena puncak kemarau terjadi pada awal September ini. 

"Karena cuaca ekstrem di wilayah Pekanbaru, kita minta masyarakat waspada. Kita juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mitigasi," terang Zarman. 

Ia telah berkoordinasi dengan DLHK Pekanbaru untuk melakukan pemangkasan pohon yang lapuk dan rimbun. Pada saat angin kencang terjadi, pohon itu bisa saja tumbang dan mengenai masyarakat. 

Seperti yang terjadi baru-baru ini, banyak pohon tumbang menutupi badan jalan akibat angin kencang. Zarman juga berkoordinasi dengan DPKP Pekanbaru untuk melakukan penanganan jika memang adanya pohon tumbang untuk melakukan evakuasi. 

"Cuaca saat ini Pekanbaru masih berubah-ubah. Jadi ini perlu diwaspadai," ulasnya. 

Ia menuturkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG terkait prakiraan cuaca, dan mulai memasuki masa peralihan ke musim penghujan. 

Kondisi pancaroba ini membuat perubahan cuaca yang terjadi secara signifikan, atau bisa berubah dengan waktu cepat.

Terkini