Disbudpar Catat 1,4 Juta Wisatawan Berkunjung ke Pekanbaru

Rabu, 25 September 2024 | 11:11:49 WIB
Foto/net

PEKANBARU - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke kota ini lebih dari 1,4 juta orang. Jumlah ini terhitung dalam kurun waktu Januari hingga Agustus 2024.

Kepala Disbudpar Kota Pekanbaru Masriyah menyebut, jumlah kunjungan ini tergolong cukup tinggi. Mereka yang berkunjung adalah wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. 

"Jumlah kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara di Kota Pekanbaru pada tahun 2024 mencapai 1.461.206 orang," kata Masriyah, Rabu (25/9). 

Ia merinci, jumlah wisatawan itu terdiri dari wisatawan nusantara sebanyak 1.460.988 orang, sedangkan wisatawan mancanegara 218 orang. 

Untuk dapat terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, Masriyah berharap kepada pihak terkait agar terus berinovasi dalam menambah daya tarik kota.

"Kita berharap seluruh stakeholder atau unsur terkait kepariwisataan untuk terus berinovasi menambah daya tarik kota dan memanjakan pengunjung di kota Pekanbaru. Seperti transportasi, akomodasi, event, destinasi dan lain sebagainya," terang Masriyah. 

Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra menambahkan, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mengacu pada tingkat hunian hotel di Kota Pekanbaru.

"Kita mengacu kepada tingkat hunian. Karena yang namanya wisatawan itu adalah orang yang datang ke Pekanbaru dan menginap di Kota Pekanbaru. Jadi kita acuannya pada tingkat hunian," pungkasnya.

Terkini