Pegembangan Pasar Palapa, Pemko Minta Rp4 Miliar Lagi ke Pusat

Selasa, 25 Juni 2024 | 09:49:10 WIB
Kepala Disperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih membutuhkan anggaran sekitar Rp4 miliar lagi untuk biaya pengembangan Pasar Palapa di Jalan Durian.

Sesuai konsep, Pasar Palapa akan memiliki pasar basah sebagai tempat penjualan bahan kebutuhan pokok. Kemudian pasar kering untuk menjual barang awet seperti baju dan elektronik.

"Jadi konsepnya kita padukan, yang ini (yang baru diresmikan Mendag) pasar basah, nanti (yang akan dibangun) pasar kering. Kalau untuk anggarannya sekitar Rp3 sampai Rp4 miliar," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, usai menghadiri peresmian Pasar Palapa oleh Mendag Zulkifli Hasan, Senin (24/6).

Ia menuturkan, biaya pembangunan lanjutan Pasar Palapa itu telah disampaikan langsung ke Mendag dan diharapkan bisa diakomodir oleh Pemerintah Pusat.

"Mudah-mudahan, Insyaallah nanti akan dibangun untuk tahap kedua, lihat kemampuan keuangan dulu dari pusat," terangnya. 

Dengan dilakukan pembangunan lanjutan, sambung dia, sejumlah pedagang yang kini masih menempati Tempat Penampungan Sementara (TPS) bisa dialihkan seluruhnya ke dalam bangunan pasar.

"Untuk itu, mudah-mudahan yang tahap duanya bisa kita teruskan, sampai TPS-TPS di bagian depan bisa kita bersihkan," ungkapnya. 

Seperti diketahui, bangunan Pasar Palapa di Jalan Durian, Pekanbaru, diresmikan secara langsung oleh Mendag Zulkifli Hasan, Senin pagi. Pasar tersebut baru selesai direvitalisasi dengan anggaran mencapai Rp3 miliar.

Terkini